Wednesday, July 19, 2017

PENGAMATAN SALURAN TUKAD MATI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Bali merupakan Kota Wisata, dimana sektor pariwisata merupakan unggulan daerah bali. Untuk mempertahankan dan lebih banyak menarik kunjngan wisatawan maka pemerintah memberika perhatian yang serius terhadap faktor-faktor yang akan mempengaruhi kunjungan wisata. Salah satu diantaranya adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
Kota Denpasar dengan berbagai fungsinya (kota pendidikan, perdagangan, pariwisata, ibu kota provinsi Bali, dan sebagai kota Denpasar) tidak terlepas dari hal tersebut. Penduduk kota terdiri-dari berbagai lapisan, etnis, dan golongan ekonomi mencerminkan keragaman dan fungsi kotanya. Keragaman penduduk mecerminkan pula mencerminkan kondisi permukimannya yang terdapat di kota Denpasar. Fasilitas berupa prasarana lingkungan yang dimiliki masing-masing lingkungan sangat berbeda yang tentu menimbulkan berbagai permasalahan lingungan yang dapat menurunkan derajat kesehatan masyarakat di daerah perkotaan.
Perkembangan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat serta meningkatnya aktivitas perekonomian berdampak pada permasalahan munculnya penurunan kualitas lingkungan. Penanganan sampah yang tidak ditangani dengan baik terutama di daerah permukiman padat akan menjadi kendala utama dalam kebersihan lingkungan dan berpotensi terhadap adanya penyumbatan saluran sehingga salauran drainase tidak berfungsi. Penanganan sampah yang belum optimal merupakan salah satu penyebab terjdinya penurunan kapasitas penampung saluran sehingga terjadi luapan air maupun genangan.
Pada belakangan ini di kota Denpasar, permasalahan yang mengemuka pada setiap musim hujan adalah masalah banjir dan genangan air. Banjir dan genangan akan berdampak pada terganggunya kelancaran lalu lintas dan dapat menurunkan derajat kesehatan penduduk dan linkungan. Terjadinya banjir dan genangan disebabkan oleh fungsi pembuangan iar (drainase) kota belum tertangani secara menyeluruh baik dari segi perencanaan teknik maupun pelaksaan fisiknya dan disamping kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam memelihara saluran yang ada di sekitarnya sehingga terjadinya penyumbatan saluran drainase oleh sampah industri maupun sampah rumah tangga.
Berbagai permasalahan tersebut di atas muncul sebagai akibat dari perkembangan pembangunan fisik yang sangat pesat maupun tidak terkontrol yang sangat berdampak pada menyempitnya areal resapan, dimana pada sat musim hujan limpasan air permukaan lansung menuju saluran drainse. Berkurangnya daerah resapan menyebabkan kapasitas saluran drainase saat ini menjadi sangat terbatas sehingga fungsi salauran kurang optimal.

1.2    Rumusan masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam proposal ini, sesuai yang telah dijabarkan diatas yaitu :
1.2.1   Bagaimana sistem drainase Tukad Mati ?
1.2.2   Apa saja yang menjadi permasalahan drainase Tukad Mati ?
1.2.3   Bagaimana analisis debit saluran yang ada dengan debit yang akan diterima saluran ?

1.3  Tujuan
Tujuan dari Penyusunan karya tulis ini yaitu :
1.3.1        Untuk mengetahui sistem drainase Tukad Mati.
1.3.2        Untuk mengetahui permasalahan drainase Tukad Mati.
1.3.3        Untuk menganalisis debit saluran yang ada dengan debit yang akan diterima saluran.

1.4  Kegunaan
Diharapkan dengan membuat karya tulis ini Penyusun sebagai mahasiswa Teknik Sipil, diharapkan mampu dan dapat menganalisis suatu saluran.

1.5  Landasan Teori
Untuk mendapatkan data dan informasi yang di perlukan, penyusun memperoleh data dengan mempergunakan metode observasi atau teknik pengamatan langsung, data – data dari inststansi terkait, dan teknik studi kepustakaan atau studi pustaka. Penulis juga mencari bahan dan sumber dari media masa elektronik yang berjangkauan internasional yaitu Internet.

1.6  Sistematika Laporan
Pada karya tulis  ini, akan dijelaskan hasil pengamatan dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, landasan teori, sampai terahir kepada sistematika laporan
Bab berikutnya membahas secara keseluruhan tentang masalah yang diangkat, yaitu tentang Pengamatan dan Analisis Saluran Tukad Mati. Meliputi sistem drainase Tukad Mati, permasalahan drainase Tukad Mati, dan terakhir analisis debit saluran yang ada dengan debit yang akan diterima saluran. Bab ketiga merupakan bab penutup dalam karya tulis ini. Pada bagian ini, Penyusun menyimpulkan uraian yang sebelumnya sudah disampaikan, dan memberi saran mengenai apa yang baiknya kita lakukan agar mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 TINJAUAN PUSTAKA
Pengertian drainase pada hakekatnya merupakan suatu sistem saluran, baik itu terbuka maupun tertutup, yang sedemikian rupa dapat mengumpulkan dan mengalirkan air hujan yang jatuh ke bumi, untuk selanjutnya menuju ke badan air penerima seperti sungai, waduk, laut, dalam waktu sesingkat mungkin. Dari pengertian ini, bahwa saluran drainase hanya untuk menampung dan kemudian mengalirkan air hujan saja. Namun kenyataannya sering terjadi masyarakat  membuang limbah rumah tangga (air mandi dan cuci) ke saluran drainase. Hal ini dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan, pemandangan tak sedap yang mengganggu lingkungan sekitarnya. Untuk daerah kota yang memiliki pemukiman yang padat batasan pelayanan sistem drainase harus jelas yakni menampung dan menglirkan air hujan, sedangkan penyaluran air limbah yang tersendiri.
Ø  Suatu sistem drainase perkotaan meliputi:
·         Sistem drainase local (monor drainage system)
·         Sistem drainase utama/makro (major drainage system)
Sistem drainase local/ mikro merupakan sistem drainase yang melayani kepentingan sebagian masyarakat. Sistem ini adalah bagian dari seluruh sistem drainase yang menampung air hujan dari bagian daerah aliran dan mengalirkan ke sistem drainase utama. Karakteristik dari sistem ini untuk menampung atau mengeringkan unit-unit kecil adalah daerah aliran yang meluputi: daerah perumahan, perdagangan, daerah industri atau setiap daerah kecil yang mempunyai karakter perkotaan.
Sistem drainase utama/makro adalah sistem drainase perkotaan yang melayani kepentingan sebagian masyarakat, dan sistem ini menampung limpasan air hujan dari sistem drainase lokal, untuk selanjutnya dialirkan ke sungai.

2.1.1   Saluran Drainase
2.1.1.1  Saluran Pembuangan Utama
Saluran yang berfungsi sebagai pembuangan utama/primer adalah sungai/tukad yang ada di wilayah perencanaan yang cukup berpotensi untuk menampung dan mengalirkan air buangan dari saluran sekunder serta limpasan permukaan yang ada pada daerah tangkapan sungai tersebut. Sungai-sungai yang berfungsi sebagai pembuangan utama yang ada di wilayah studi perlu untuk diketahui jumlahnya dan dari masing-masing sungai utama akan terbentuk sistem drainase dan pola aliran tertentu, dengan batas-batas yang jelas sesuai dengan tpografi. Dalam satu sistem akan terdapat beberapa subsitem (saluran sekunder).
Pembagian sistem dalam wilayah studi sangat dipengaruhi oleh kondisi wilayah antara lain:
a.     Topografi
Kondisi topografi sangat penting dalam penentuan pembagian sistem drainase dan dari peta topografi dapat ditentukan dengan jelas batas daerah pelayanan pada masing-masing sistem drainase.
b.    Pola Aliran
Pola aliran sistem drainase secara alamiah mengikuti kemeringan topografi.
c.     Kondisi Drainase Eksisting
Kondisi saluran pembuangan utama eksisting sangat diperlukan dalam perancangan untuk mengetahui apakah cukup mampu mengalirkan debit banjir rencana.
Ø  Kondisi saluran drainase eksisting yang dimaksud, antara lain:
·           Ukuran/dimensi penampang sungai utama.
·           Perkembangan daerah pemukiman di sekitar daerah aliran sungai.
·           Dasar sungai apakah terjadi pendangkalan, erosi, atau ,asih alami.
2.1.1.2  Saluran Pembuangan Sekunder
Fungsi dari saluran sekunder adalah untuk menampung air drainase tersier serta limpasan air permukaan yang ada untuk diteruskan ke drainase utama sungai sungai. Berdasarkan konstruksi saluran drainase dibedakan menjadi 2 (dua) macam yaitu; saluran terbuka dan saluran tertutup. Saluran terbuka dibuat pada daerah dimana masih cukup tersedia lahan serta bukan merupakan daerah yang sibuk (pertokoan, pasar, dan sebagainya). Sedangkan saluran tertutup dapat dipertimbangkan pemaikaiannya di tempat-tempat yang produksi sampahnya melebihi rata-rata seperti; pasar, terminal, pertokoan, dan pad daerah yang lalulintasnya padat.
Kondisi saluran sekunder eksisting yang perlu diperhatikan adalah:
·           Dimensi penampang saluran, apakah cukup mampu mengalirkan debit banjir.
·           Kemiringan saluran, apakah bisa mengalirkan air dengan lancar.
·           Fungsi saluran.
Saluran sekunder eksisting hanya berfungsi sebagai pembuangan air hujan atau mempunyai fungsi yang lain. Salauran yang berfungsi ganda yaitu sebagai saluran pembuang air hujan dan saluran pembawa irigasi. Kedua fungsi tersebut secara teknis bertentangan, dimana dimensi saluran irigasi adalah mengecil ke arah hilir dan saluran drainase membesar ke arah hilir. Saluran yang berfungsi ganda mempunyai potensi banjir, hal ini disebabkan karena saluran irigasi letaknya selalu di punggung dan sistem pengaturan air menggunakan empangan-empangan, sehingga pada saat hujan, air meluap menggenangi jalan.
·           Dasar saluran apakah terjadi pendangkalan, erosi, atau stabil.
2.1.1.3  Saluran Pembuangan Tersier
Fungsi saluran tersier adalah untuk meneruskan pengaliran air buangan maupun air limpasan menuju ke pembuangan sekunder. Data mengenai kondisi saluran tersier tidak begitu banyak diperlukan dalam perencanaan sistem pembuangan air hujan. Banjir yang terjadi pada saluran tersier bersifat setempat, sedangkan banjir pada saluran sekunder dan saluran pembuangan utama akan membawa dampak yang luas bagi kehidupan masyarakat baik yang menyangkut sosial, ekonomi, maupun kesehatan.
2.1.2   Rencana Pola aliran
Berdasarkan hasil survey lapangan dan pengukuran topografi di wilayah perencanaan bahwa sepanjang JL. Gatot Subroto terdapat beberapa saluran pembawa irigasi berasal dari intake Peraupan dan intake Oongan. Saluran irigasi eksisting aliran semua mengarah ke daerah perkotaan dan sampai saat ini belum terdapat sistem pengendalian banjir berupa pintu-pintu maupun sodetan. Debit aliran irigasi yang menuju daerah perkotaan pada saat hujan cukup menggangu dan kondisi saluran irigasi eksisting sudah banyak berubah terutama kapasitas aliran pada saluran.
Ada beberapa permasalahan tentang keberadaan saluran irigasi saat ini adalah sebagai berikut:
·         Berkurangnya lahan pertanian di daerah perkotaan dan daerah yang dilayani dengan luas lahan yang sangat kecil (kurang dari 2 are) dengan kepemilikan yang sedikit.
·         Terjadi penyempitan saluran irigasi sehingga akan berdampak terhadap lingkungan sekitar terutama teradinya luapan air dan genangan air.
Belum dilengkapi sistem pengedali banjir seperti; pintu-pintu, sodetan dan normalisasi.

2.2    KONDISI GEOGRAFIS TUKAD MATI
Tukad Mati adalah sungai yang membentang di sisi Barat bagian selatan pulau Bali yang sistem daerah aliran sungainya (DAS) menempati dua wilayah kabupaten yaitu wilayah kabupaten Badung dibagian hulu dan hilir, sementara bagian tengahnya melintasi kota Denpasar. Tata guna lahan daerah tangkapan sungai ini secara keseluruhan berupa lahan budiday, permukiman dan perkotaan. Secara umum topografi DAS Tukad Mati mulai dari daerah agak terjal dibagian utara dan bermuara ke laut Selatan, dimana pada bagian hilirnya dipengaruhi pasang air laut.
Penampang Tukad Mati dari hulu sampai hilir mempunyai lebar serta kedalaman yang bervariasi. Bagian tengah Tukad Mati mulai dari hulu sampai jalan Gunung Agung mempunyai profil penampang yang cukup lebar serta dalam. Sedangkan dari jalan Gunung Agung ke arah hilir mempunyai penampang yang sempit serta dangkal dan alur sungai yang berkelok – kelok.

2.3    SISTEM DRAINASE TUKAD MATI
Tukad Mati merupakan saluran pembuang utama bagi daerah yang masuk DAS Tukad Mati yang meliputi wilayah kecamatan Denpasar Utara, Denpasar Barat, Denpasar Selatan di kota Denpasar serta wilayah kecamatan Kuta kabupaten Badung. Saluran pembung utama Tukad Mati merupakan gabungan antara beberapa sungai alamiahseperti Tukad Mati, Tukad Teba, Tukad Pangkung Muding serta Tukad Pangkung Kedampang serta beberapa saluran pembuang irigasi pada bagian hulunya.
Pada sistem Tukad Mati terdapat beberapa bendung seperti bendung Lange, bendung Tegeh, bendung Umadui, bendung Dadas dan bendung Tanjung. Dari bendung tersebut bendung Lange dan bendung Umadui merupakan bendung gerak, sementara yang lainnya merupakan bendung tetap.
Secara umum terminologi sistem drainase yang ada di Tukad Mati dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu Tukad Mati Hulu, Tukad Mati Bawah, dan Tukad Mati Hilir.
a.    Sistem Tukad Mati Hulu
Sistem Tukad Mati Hulu meliputi saluran pembuangan yang sangat dipengaruhi oleh keberadaan daerah irigasi diatasnya seperti pembuangan dari daerah irigasi Penarungan, daerah irigasi Kapal, dan daerah irigasi Mambal. Sebagian dari air buangan ini akan memberi beban bagi sistem drainas Tukad Mati secara keseluruhan.
b.    Sistem Tukad Mati Bawah
Sistem Tukad Mati Bawah merupakan sistem Tukad Mati secara alamiah dengan anak – anak sungainya.
c.    Muara Tukad Mati
Pengairan dibagian muara Tukad Mati sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Aliran balik (back water) akibat muka air laut pasang sangat mempengaruhi sistem pengaliran sistem drainase pada skala mikro terutama bagi aliran Tukad Mati.


2.4    PERMASALAHAN DRAINASE KAWASAN TUKAD MATI

Tukad Mati sebagai salah satu drainase utama di wilayah kota Denpasar serta sebagian wilayah kabupaten Badung memiliki beberapa permasalahan terkait dengan adanya genangan dan banjir yang sering menimpa kawasan ini. Beberapa permasalahan yang dapat disampaikan terkait dengan permasalahan drainase di wilayah ini melalui studi literatur dan observasi langsung ke lapangan dapat disampaikan sebagai berikut :
a.       Adanya perubahan alih fungsi lahan yang cukup signifikandikawasan hulu dan tengah serta beberapa bagian pada hilir telah memberi andil besar untuk meningkatkan terjadinya limpasan permukaan. Peningkatan limpasan air yang ada tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas drainase yang memadai. Kondisi ini dapat dilihat dari berkembangya pemukiman di Denpasar Utara, kawasan Puspem Badung serta adanya pengembangan lahan melalui Land Consolidation (LC) di Legian, Seminyak dan Kuta.
b.      Sistem pengembangan permukiman dengan sistem Land Consolidation (LC) dari tanah persawahan telah menimbulkan perubahan arah pemakaian sakuran dari saluran irigasi menjadi saluran drainase. Kondisi ini dapat dilihat pada beberapa perumahan seperti Perumnas Monang – maning dan beberapa perumahan di Padang Sambian, sekitar jl. Pura Demak, dll.
c.       Topologi dari suatu kawasan yang datar sehingga menyulitkan pembuangan airnya menuju saluran pembuangan. Ini dapat dijumpai pada kawasan permukiman dan bisnis disekitar jalan – jalan Pura Demak, kawasan permukiman dan bisnis disekitar jalan Dewi Sri, sekitar jalan Nakula di kawasan Legian dan daerah lainnya.
d.      Adanya penyempitan alur sungai terutama pada bagian tengah dan hilir sehingga kerap menimbulkan terjadinya banjir. Kondisi ini dapat dilihat pada saluran sepanjang jalan Imam Bonjol untuk Tukad Teba, alur tukad mati terutama disebelah hulu bendung Ulun Tanjung, Alur sungai menyempit juga terdapat pada Tukad Pangkung Muding.
e.       Adanya bangunan yang melintang sungai yang mempengaruhi sistem pengaliran ke arah hilir. Kondisi ini dapat dilihat pada bendung tetap Mergaya di jalan Imam Bonjol, bangunan – bangunan bekas irigasi lainya sepanjang Tukad Teba, Jembatan di jalan Gunung Soputan, bendung Ulun Tanjung dan bangunan lainnya.
f.       Tingkat sedimentasi yang tinggi pada alur sungai yang berpengaruh untuk mengurangi kapasistas sungai. Kondisi ini dapat dilihat pada hampir semua ruas sungai, terutama sekali pada Tukad Mati di ruas bendung Umadui sampai muara.
g.      Pembuangan sampah ke badan sungai / saluran. Salah satu yang mempercepat sedimentasi adalah pembuangan sampah ke badan sungai. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga fungsi dari saluran drainase dan sungai yang ada. Keberadaan sampah yang masuk badan saluran atau sungai hampir terjadi pada semua saluran yang ada.






2.1    ANALISI DEBIT SALURAN YANG ADA DENGAN DEBIT SALURAN YANG AKAN DITERIMA
TABEL 1. KEMIRINGAN SALURAN DRAINASE TUKAD MATI
(sumber : Dinas PU Denpasar)

TABEL 2. PERHITUNGAN DEBIT BAJIR RENCANA DENGAN METODE RATIONAL
(sumber : Dinas PU denpasar)



TABEL 3. PERHITUNGAN DIMENSI SALURAN
(sumber : Dinas PU Denpasar)


BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
3.1 Simpulan
Berdasarkan hasli survey lapangan dan analisis yang dilakukan, ada beberapa hal tang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Kawasan Daerah aliran sungai Tukad Mati akan terjadi peningkatan limpasan permukaan yang disebabkan oleh perkembangan pembangunan yang ada dikawasan tersebut. Kawasan perencanaan merupakan daerah perkotaan dan pariwisata yang sangat berkembang. Pembangunan permukiman sangat pesat terjadi dikawasan DAS ini baik dibagian hulu, bagian tengah, dan bagian hilir. Pembangunan ini dapat dilihat dari berkembangnya permukiman dengan system Land Consolidation (LC) dihampir semua bagian DAS Tukad Mati.
2.      Normalisasi alur sungai dilakukan sebagai salah satu langkah untuk memperjelas alur dan memperbesar kapasitas alur sungai yang ada.
3.      Dengan kapasitas alur yang dimiliki oleh Tukad Mati saat ini maka kapasitas yang dapat dilewatkan oleh Tukad Mati maksimal dengan debit banjir Q25 ­atau banjir dengan skala ulang 25 tahun sekali.
4.      Tukad Mati belum mempunyai system pengendalian banjir yang terintegrasi dari hulu sampai hilir serta dengan anak – anak sungai yang mengalir menuju tukad mati. Kondisi ini disebabkan oleh cukup kompleknya masalah drainase makro dan mikroyang ada.
5.      Bangunan pelengkap yang melintang sungai (jembatan, box culvert, bending tetap) pada beberapa lokasi memberikan kontribusi penurunan jumlah debit yang bias dialirkan ke hilir sehingga menjadi salah satu titik penyebab banjir.
6.      Perkembangan permukiman pada beberapa lokasi yang sebelumnya merupakan daerah pertanian menimbulkan beberapa hal yang bias mengurangi kapasitas alur seperti : penyempitan alur, pembelokan alur serta adanya aliran yang tidak mempunyai alur jelas.
3.2 Saran
Saran atau rekomendasi yang bisa disarankan untuk mengurangi genangan atau banjir yang terjadi di daerah aliran Sungai Tukad Mati serta adalah sebagai berikut:
1.      Penataan bangunan yang melintang sungai yang berpotensi menimbulkan potensi banjir dan genangan baik saat ini maupun masa yang akan datang.
2.      Perlu adanya pemeliharaan saluran drainase secara berkala dan berkesinambungan yang dilakukan oleh pemerintah serta dengan melibatkan peran serta masyarakat secara aktif. Dalam pemeliharaan saluran drainase didalamnya terkait pula dengan penambahan sarana drainase seperti alat angkut dan alat berat yang diperlukan dalam penanganan masalah drainase.
3.      Dengan semakin intensifnya pemabangunan baik pemukiman, bisnis dan perkantoran di wilayah DAS Tukad Mati maka penerapan sumur resapan sangat mendesak untuk bisa diterapkan dalam setiap pembangunan. Hal ini bisa ditempuh dengan menyertakan item pembangunan sumur resapan di setiap pengurusan untuk memperoleh Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).


Lampiran
Foto – foto





Gambar 1-4. Saluran Tukad Mati

DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN MELALUI HUTAN



Dampak yang akan terjadi yakni pada perubahan  atau terganggunya bentang alam pada jalur yang akan dibuka. Diikuti dengan perubahan vegetasi penutupan lahan dan musnahnya tumbuhan ataupun berbagai aneka ragam hayati yang terdapat dilahan tersebut.“Semakin lebar atau luas lahan tergsur semakin besar kemungkinan  kerusakan yang terjadi.  Dengan asumsi 50 meter (lebar) dan 50 kilometer jalan melalui hutan, maka tidak kurang dari 2.500 hektare kawasan hutan akan beralih fungsi,” jelasnya. Maka, sepanjang jalur  semua tumbuhan akan mati dan limpasan air dari tanah gusuran akan mempengaruhi wilayah yang lebih luas dari areal yang berubah fungsi itu.

Adapun Beberapa Dampak Pembangunan Jalan melalui Hutan
1. Berkurangnya luas area hutan
Alasan : Dalam pembuatan jalan  tersebut memerlukan lahan yang tidak sedikit. Sebenarnya sudah cukup luas ara hutan lindung yang di ubah menjadi hutan produktif, apalagi bila ditambah untuk pembangunan jalan, maka berkuranglah hutan sebagai penyumbang oksigen dibumi.

2. Hilangya habitat flora dan fauna endemic penghuni hutan
Alasan : Proyek pembangunan jalan tidak sedikit memakan lahan area hutan. Padahal dalam  hutan tersebut banyak terdapat jenis flora dan fauna yang tidak terdapat di hutan lain.

3. Sering terjadi pencurian satwa dan tumbuhan langka
Alasan : Apabila proyek pembangunan jalan tersebut terealisasi dan ada jalan melalui hutan, maka pencurian satwa maupun tumbuhan marak terjadi, karena akses ke hutan lebih mudah dengan adanya jalan. Dengan kendaraan yang lalu lalang, tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab seperti pencurian tersebut.

Tuesday, July 18, 2017

First flight F 18 Parkjet RC in Central Sulawesi Indonesian Aircraft RC ...

First flight F 18 Parkjet RC in Central Sulawesi Indonesian Aircraft RC part 4
This is my first trip back to my homeland after 10 years go to the island of Bali to study.
And by the time I get back to this, I will do something that has never existed in Central Sulawesi, the RC plane.
Do not forget coment, like & subsribe to my youtube chanel

Watch the full video here.

Saturday, July 15, 2017

Produk Asli Indonesia yang sudah mendunia

Banyak di antara kita penggemar barang elektronik yang berkwalitas yang terkenal di dunia, tapi siapa sangka kalau produk yang sudah mendunia itu ternyata adalah buatan Indonesia yang dikira merk luar negeri.
Masih ada gengsi pakai produk lokal, maunya pakai produk luar negeri. Hati-hati karena produk lokal berikut ternyata banyak yang mengira produk buatan luar negeri, padahal asli buatan dalam negeri.
Karena namanya yang sudah mendunia jadi tidak heran jika “anda yang penggemar produk luar negeri” ternyata ada produk dalam negeri yang dipakai atau gunakan di rumah, bahkan di pakai sehari-hari kesana-kemari.
Berikut ini adalah daftar produk-produk asli dalam negeri yang sudah mendunia :

1. LEA

Mungkin anda penggemar celana jean yang satu ini, dengan iklannya yang kebarat-baratan dengan model bule tak heran jika banyak yang mengira jeans merk lea adalah produk dari luar negeri. Padahal aslinya lea adalah produk Indonesia yang sudah mendunia dan kwalitasnya sudah bersaing dengan merk jean terkenal di dunia.
Produk Indonesia yang Mendunia
Disisi lain ada keunikan dari logo jean lea sendiri, yaitu mirip dengan bendera Amerika dari perpaduan warna biru dan merah serta adanya bintang-bintang, tentu hal ini juga yang telah membawa nama jeans Lea menjadi produk yang mendunia.
Dan untuk sekarang jean Lea masuk golongan jeans high class, walau banyak yang menjual dengan harga murah di pasaran kadang kebanyakan adalah produk palsu. Jadi pastikan beli di seller Lea yang terpercaya ya sobat.

2. BAGTERIA

Desain vintage kreasi dan inovatif dari Nancy Go dan Irene Ng yang berhasil membesarkan nama Bagteria.  Produk ini pernah di tenteng di pagelaran karpet merah oleh Paris Hilton dan Elma Tomson serta beberapa wanita lainnya.
Kabarnya si owner pernah di tawari untuk di ganti label menjadi brand Italia tetapi karena jiwa nasionalisme yang kuat godaan ini tidak berhasil.
Produk asli Indonesia yang mendunia

Desain vintage produk ini sudah sejajar dengan produk glamour kelas atas yang mendunia, tak heran jika harganya membuat saya sedikit tercengang.
Ada harga tentu ada kwalitas, tas bagteria ini sudah menjadi gaya hidup kalangan menengah ke atas. Tidak menutup kemungkinan anda dapat memilikinya produk Indonesia yang mendunia ini.

3. Polygon

Sepeda merk Polygon ini sudah punya nama di luar negeri, harga sepeda ini juga hampir menyamai harga sepeda motor. Dengan kwalitas yang bagus dan desain yang keren tidak heran produk sepeda Polygon begitu diminati di luar negeri.
Produk Indonesia Yang Mendunia


4. V8-Sound

V8-Sound yang sudah terkenal dengan kwalitas speakernya yang enak di telinga, tidak hanya speaker sekarang sudah merambah ke produksi microphone.  V8-Sound ternyata sudah memiliki cabang di Jerman tepatnya di Lokomotiv Str.750733 Cologne. Produk Indonesia yang mendunia
V8 Sound juga sering di Gunakan dalam acara kenegaraan, termasuk Konferensi Asia-Afrika 2015.
Kini hampir semua acara kepresidenan dan kenegaraan seperti rapat kabinet, retreat di Istana Bogor dan Istana Tampak Siring, acara kedatangan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, di Istana Merdeka Jakarta dan Bali, audio systemnya telah dipercayakan kepada V8 Sound.
Bahkan V8 mendapatkan penghargaan bergengsi dari White House atas kualitas pekerjaan yang dianggap sangat membantu komunikasi yang kritis bagi Presiden Obama selama di Bali.

5. Terry Palmer

Sekilas dari namanya pasti mengira produk luar, padahal penghasil produk handuk berkwalitas ini adalah PT Indah Jaya yang di produksi di tangerang. Handuk yang di klaim paling higienis ini sudah sangat terkenal di mancanegara. Terry Palmer terbuat dari bahan katun yang mempunyai daya serap tinggi, mudah di bersihkan dan mempunyai anti bacterial.
Produk Indonesia Yang Mendunia
Selain itu handuk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak menyebabkan iritasi, aman dan nyaman digunakan. Mudah kering cocok di bawa kemana-mana, Selain Handuk Terry Palmer juga memiliki produk untuk alas kaki juga loh.

6. Magno Radio Kayu / Magno wooden radio


Di banyak negara di dunia ada beberapa jenis radio yang unik di antara radio tersebut terbuat dari kayu. Ternyata ada yang merupakan produk dari Indonesia tepatnya di Temanggung Jateng didesa Kandangan hasil karya Bpk Singgih S Kartono.

Produk Indonesia yang mendunia
Produk asli Indonesia Radio Magno ini sudah mendunia dan sudah banyak direview dari luar negeri. Apa sih kelebihan dari radio ini, menurut saya radio Magno ini memiliki keunikan konsep vintage dengan kwalitas yang bagus terbuat dari bahan kayu pilihan, suara lebih bagus, konsep radio kayu personal, produk radio magno tidak di coating dengan milamin atau yang lain tetapi hanya di wax, jadi radio ini memerlukan perawatan pemiliknya kalau ingin awet, desain radio yang terbatas 1 tahun maksimal 2 atau 4 desain yang benar2 bagus dan memiliki kontribusi positif bagi masyarakat dan masih ada beberapa fitur lainnya.
Beberapa fitur lainnya adalah sebagai berikut, bisa di sambungkan dengan perangkat sperti mp3 player, ada slot sd card, mudah di bongkar pasang pada bagian belakang, ada yang menggunakan baterai. Tiap model desain bisa berbeda-beda.
Pemasaran radio magno ini sudah memiliki 3 distributor Utama yaitu di Jepang, Eropa, dan Amerika, dan desain produk ini sudah di patenkan.

7. Kacang Dua Kelinci

Kacang dua kelinci terbuat dari bahan kacang pilihan, dan produk dua kelinci ini sudah di ekspor ke berbagai negara di Asia, Australia, Afrika, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.

produk asli indonesia

Siapa yang mengira kalau produk olahan kacang produk indonesia bisa terkenal hingga ke luar negeri. Dari dahulu tidak di pungkiri jika kita sedang ngemil kacang di saat-saat tertentu tidak dapat berhenti ngemil sebelum habis. Itulah kenapa produk kacang ini sangat digemari, seiring berjalannya waktu metode pengolahan kacang semakin canggih dan higienis seperti produk kacang dari Dua Kelinci.

8. Essenza

Produk keramik asli Indonesia
Jika dilihat dari namanya terlihat seperti nama produk Itali tetapi siapa yang menyangka jika ternyata produk keramik merk Essenza ini adalah asli produk Indonesia. Produknya yang sudah mendunia karena kwalitasnya dan desainnya yang bagus serta elegan.
PT. Intikeramik Alamasri Industri Tbk adalah perusahaan yang menaungi produk keramik essenza. PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk juga merupakan pelopor pembuatan genteng porselen skala besar di Indonesia dan salah satu produsen terbesar di kawasan Asia Pasifik jadi bukan hanya ubin/keramik saja.
Ubin porselen essenza lebih unggul dalam hal kekuatan, daya tahan dan fleksibel dalam desain untuk batu alam serta sintetis. Produk dari inti keramik sudah merambah pasar di Eropa, Amerika dan Asia. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi sekitar 6.600.000 m2 / tahun. Sudah memiliki beberapa pabrik salah satunya terdapat di Tangerang.

9. Indomie

Produk mie asli Indonesia yang mendunia
Siapa yang ga kenal produk yang satu ini, yak betul Indomie adalah salah satu produk dari Indofood yang sudah mendunia. Tak heran banyak orang bule yang mereview produk mie ini, dan kelihatannya orang bule juga cocok lidahnya dengan makanan asal Indonesia ini.
Selain orang bule mie ini juga menjadi amunisi cadangan bagi anak kos, terutama saat lagi bokek.
Bukan hanya anak kos saja tetapi beberapa orang membawa makanan ini untuk bekal terutama acara yang berhubungan dengan alam, seperti acara hiking, camping, dan bahkan yang liburan ke luar negeri membawa beberapa bungkus mie karena takut tidak cocok dengan makanan di negara tujuan.

10. Extra Joss

Produk minuman indonesia yang mendunia
Minuman berenergi dari PT Bintang Toedjoe ini sudah banyak mendapatkan penghargaan salah satunya yaitu penghargaan Asia Pacific Excellent Award dan National Consumers Quality Award untuk merek paling berharga dalam kategori minuman energi di negara Filipina yang membawa Extra Joss menjadi market leader di kategori minuman energi pada tahun 2003.
Itulah alasan kenapa produk Ekstra Joss masuk ke dalam kategori produk Indonesia yang mendunia, karena produk ini tidak di kenal bukan hanya di Indonesia saja. Tetapi sudah ke beberapa negara seperti Malaysia, cambodia, vietnam, myanmar, philipina, nepal, india, nigeria dan new zealand.

11. Batik

produk Indonesia yang sudah mendunia
Batik merupakan produk asli dari Indonesia, kali ini terlepas dari merk karena banyak merk yang memproduksi batik. Produk batik sudah di akui Unesco bahwa batik merupakan produk asli Indonesia, dan dunia juga mengakui bahwa batik adalah produk Asli asli Indonesia. Adapun negara lain yang mematenkan batik bukan batiknya tetapi hanya corak atau motif yang mereka buat.
Dan perlu di jaga adalah motif batik asli Indonesia jangan sampai di patenkan oleh negara lain, lama kelamaan nanti Indonesia adalah negara pemilik asli produk batik tetapi tanpa motiv dan corak. Karena motif dan corak batik original kita yang sudah turun temurun sudah di curi atau di patenkan negara lain. Semoga ini tidak terjadi, inilah arti penting saling mengingatkan semua pihak agar menjaga warisan budaya.

12. Permen Kopiko

Produk Indonesia yang diakui dunia
Produk Kopiko ini cocok untuk menemani kita sambil belajar, menyetir, dan aktifitas lainnya. Kelebihan produk Kopiko ini dapat mencegah kantuk, dan rasa coffee yang enak tentu. Usut punya usut ternyata produk Kopiko ini sudah mendunia dan bisa di temukan di supermarket di US, pemasarannya sendiri sudah mendunia bukan hanya di Amerika saja, tapi hampir disetiap negara di dunia tepatnya sudah lebih dari 90 negara.
Seperti yang kita ketahui Kopiko di produksi oleh Mayora Group, dengan memulai bisnisnya dari memanggang biskuit pertamanya dari dapur rumah pada tahun 1948, dan menjual biskuit merk Roma pada tahun 1967.
Seiring berkembanganya perusahaan, didirikanlah Mayora Group pada tahun 1977 dengan produk beragam yang dibagi menjadi 8 kategori: biskuit, permen, wafer, coklat, kopi, makanan instan, minuman dan sereal. Dan sekarang sudah memperkerjakan lebih dari 30.000 orang karyawan.

13. Silver Queen


Silver queen produk asli Indonesia

Produk coklat silver queen sudah terkenal diluar negeri bahkan mampu bersaing dengan produk coklat lain seperti m&m, topbleron, cadbury, dove dll . Silverqueen telah merubah tren pasar yang dulunya hanya untuk keperluan konsumsi sekarang bergeser ke arah gaya hidup. Orang luar negeri juga banyak yang menyukai rasanya yang kini memiliki banyak varian jenis produk.
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau,budaya,suku dan bahasa tetapi disamping itu Indonesia Menyimpan banyak kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Negara Indonesia sebenarnya negara yang sangat kaya, bahkan bisa jadi terkaya di dunia. Sayangnya saat keadaan negeri ini tak secerah yang kita dibayangkan.

Berikut ini 10 kekayaan alam Indonesia

1. Tambang Emas Kualitas Terbaik di-Dunia

Lokasi : Papua, Indonesia
Produksi emas di 2011: 1.444.000 ons atau 40.936 kg
Luas area : 527.400 hektar
Penambang : Freeport-McMoRan Copper & Gold
Jenis tambang : terbuka dan bawah tanah

2. Cadangan Gas Alam Terbesar Di Dunia

Cadangan Gas Alam Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Antara lain di Blok Natuna dan Blok Cepuyang menghasilkan sekitar 200 kaki kubik minyak bumi dan gas alam. Tetapi lagi-lagi yang menikmati ini adalah bangsa lain, karena pengelolanya adalah Exxon Mobil. PERTAMINA – Perusahaan milik Negera ini saat ini sudah mulai bersaing di pasar global.

3. Tambang Batu Bara Terbesar Di Dunia

Batubara yang juga tak kalah berharganya di dunia ini, ternyata tempat terbesarnya juga berasal dari Indonesia . Dari berbagai media internasional menyebutkan bahwa di Indonesia lah yang mempunyai sumber tambang batu bara terbesar di dunia. Kita patut bersyukur potensi sudah dikelola oleh PT. Bukit Asam.

4. Kesuburan Tanah Terbaik Di Dunia
KESUBURAN TANAH INDONESA
Tak ada yang meragukan kualitas tanah Negeri Kita yang sangat-sangat subur . Hampir semua lahan di Negeri Kita bisa ditanami Tumbuhan-tumbuhan apapun. Namun sayang, harusnya kita bisa seperti Filipina yang jadi Eksportir beras dunia, dan Malaysia yang menguasai Kelapa Sawit dunia, atau seperti Swiss dan Brazil yang jadi Rajanya Coklat dan Kopi.
Yang terpenting sekarang kita sebagai generasi bangsa harus ikut menjaga anugerah ini . Jangan sampai rusak karena perbuatan yang nggak bertanggung jawab.

5. Lautan Terluas Di Dunia
KEKAYAAN LAUT INDONESIA
Negara ini punya Lautan terluas di dunia, hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain. Indonesia letaknya sangat strategis dikepit oleh dua samudera yaitu samudera hindia dan samudera pasifik.

6. Hutan Tropis Terbesar Di Dunia

Indonesia adalah Negara dengan Hutan Terluas Di Dunia, bahkan semua negara di dunia menyebut Indonesia adalah Paru-paru Dunia TerbesarLetaknya di pulau sumatra, kalimantan dan sulawesi. Bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk menjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim bumi.

7. Tempat Wisata Eksotis Terbesar Di Dunia

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia.
Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu biawak Komodo (Varanus komodoensis).


Pulau ini termasuk salah satu pulau terindah di Dunia. Pulau Bali merupakan pulau wisata terbaik di dunia.

8. Pulau

Indonesia memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia yang menurut kajian citra satelit berjumlah 18.306 pulau, pulau yang sudah diberi nama ada 7.870 sedangkan yang belum diberikan nama berjumlah 9634 pulau.

9. Bahasa

Lebih dari 583 bahasa yang berada di Indonesia. Tetapi bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Walaupun Indonesia memiliki banyak bahasa tetapi Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu dari sekian banyak bahasa yg ada di Indonesia.

10. NEGARA MARITIM TERBESAR DIDUNIA

Kita tahu Indonesia memiliki luas laut 93.000 km2, panjang pantainya pun sekitar 81.000 km2 atau 25 % panjang pantai yang ada di seluruh dunia. Selain itu Indonesia juga memiliki terumbu karang yang sangat banyak dan semuanya indah.
Indonesia is curently ranked 14 (of 133) countries considered for the annual GFP review.


Manpower - Going beyond military equipment totals and perceived fighting strength is the actual manpower that drives a given military force. Wars of attrition traditionally favor those with more manpower to a given effort. With 

258.316.051 Total Population, 130.000.000 Man Power107.540.000 Fit - for Service4.500.000 Reaching Military Age975.750 Total Military Personel435.735 Active Personel and 540.000 Reserve Personal.

Air Power - Includes both fixed-wing and rotary-wing (helicopter) aircraft from all branches of service (Air Force, Navy, Army). Air power is just one important component of the modern military force. Attack Aircraft represents fixed-wing and dedicated forms as well as light strike types (some basic and advanced trainers fill this role). Some fighters can double as attack types and vice versa - this is how multi-role aircraft can be of considerable value. Transport and Trainer aircraft include both fixed-wing and rotary-wing types.

With total 441 Aircraft, 39 Fighter Aircraft, 58 Attack Aircraft, 170 Transport Aircraft, 111 Trainer Aircraft, 147 Helicopter Strenght and 5 Attack Helicopter.

Army Strength - Tank value includes Main Battle Tanks (MBTs) and light tanks (a few remain in service) as well as those vehicles considered "tank destroyers". There is no distinction made between all-wheel and track-and-wheel designs. Armored Fighting Vehicle (AFV) value includes Armored Personnel Carriers (APCs) as well as Infantry Fighting Vehicles (IFVs). With total 418 Tank, 1.089 Armored Fighting Vehicles, 37 Self - Propelled Artillary, 80 Towed Artillary and 89 Rocket Projectors.

Navy Strength - Aircraft Carrier value includes both traditional aircraft carriers as well as "helicopter carrier" warships (the latter growing in popularity worldwide). Cruisers are no longer tracked due to their declining value on the world stage. Submarines value includes both diesel-electric and nuclear-powered types. Total Naval Assets is not simply a sum of the presented navy ship categories - instead it includes all showcased types along with any known/recognized auxiliary vessels (not tracked individually by this site). With 221 Total Navi Asset, 7 Frigates, 24 Corvettes, 4 Submarine, 74 Patrol Craft and 12 Mine Warfare Vassels.

Natural Resources (Petroleum) - As much as any weapon system is vital to an ongoing military campaign, wars still rely on the availability of natural resources, namely petroluem (oil). BBL/DY = Barrels Per Day. With 789.800 Production (bbl/dy), 1.660.000 Comsumption (bbl/dy) and 3.693.000.000 Proven Reserves (bbl).

Logistics - War is as much a battle of logistics, moving man and machine from-to points all over, as it is direct combat. A quantitative/robust Labor Force also adds to available wartime industry. With 123.700.000 Labor Force, 1.340 Merchant Marine Strenght, 9 Major Ports / Terminal, 437.759 Roadway Coverage (km), 5.042 Railway Coverage (km) and 673 Serviceable Airports.

Finance - War goes beyond simple physical "strength-in-numbers", relying heavily on financing and effort as much as any one piece of hardware fielded. All values presented in USD ($). With $6.900.000.000 Defense Budget, $344.700.000.000 External Debt, $106.400.000.000 Foreign Exchange / Gold and $3.028.000.000.000 Purchasing Power Parity.

Geography - Geographical values primarily figure into a defensive-minded war (i.e. invasion) but can also aid a nation when responding to such an act. With 1.904.569 Square Land Area (km), 54.716 Coastline (km), 2.958 Shared Borders, and 21.579 Waterways (km).